DAMPAK PERANG DINGIN BAGI INDONESIA





Terjadinya PD II secara tidak langsung berpengaruh terhadap kehidupan politik dan pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1942 Jepang berhasil mengalahkan Belanda, dan mengambil alioh kependudukan Belanda di Indonesia. Masa pendudukan Jepang berjalan sekitar 3,5 tahun. Berbagai kebijakan Jepang di Indonesia diarahkan untuk memperkuat kekuatan militer. Selain itu untuk ikut mendukung kemenangannya dalam menghadapi Sekutu. Perang Dunia II juga berpengaruh bagi Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Setelah Jepang kalah menyerah kepada Sekutu tanggal 14 Agustus 1945, Indonesia dalam keadaan “vacuum of power” (kekosongan kekuasaan). Jepang sudah menyerah berarti tidak mempunyai hak memerintah Indonesia, sementara Sekutu, saat itu belum datang. Kondisi ini kemudian dimanfaatkan bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan.


*FYI : Jepang menyerah kepada Sekutu karena dua wilayah besar di Jepang yaitu Nagasaki dan Hiroshima dijatuhi bom atom oleh Sekutu yang kemudian membuat Jepang mengakui kekalahan.


Setelah Perang Dunia II berakhir, muncul dua kekuatan besar di dunia yang saling bersaing dan bertentangan yaitu  Amerika Serikat yang berpaham demokrasi-kapitalis dan Uni Soviet (Rusia) yang berpaham sosialis-komunis. Kedua negara tersebut berlomba-lomba menanamkan pengaruhnya di berbagai negara di dunia. Mereka membantu mulai dari bidang perekonomian hingga persenjataan. Alasan disebut sebagai perang dingin adalah karena selama perebutan pengaruh itu, kedua negara tersebut tidak pernah bertemu dan berhadapan secara langsung, namun hanya menjadi dalang dari negara yang bersengketa seperti dalam Perang Korea dan Perang Vietnam.
Perang Dingin berdampak pada peta perpolitikan dunia pada saat itu. Negara-negara di dunia terbagi setidaknya menjadi tiga kelompok negara yaitu Blok Barat yang menganut paham demokrasi-kapitalis, Blok Timur yang berpaham sosialis-komunis, serta Non-Blok. Negara-negara yang biasanya menjadi incaran perebutan pengaruh kedua negara tersebut adalah negara-negara di Asia dan Afrika, termasuk Indonesia.

Arah Kebijakan Luar Negeri Indonesia di Masa Perang Dingin
Pada tahun 1960-an saat Indonesia menerapkan sistem demokrasi terpimpin, pemerintah mengarahkan pandangan politiknya ke negara-negara Blok Timur yang berhaluan komunis karena pada saat itu pengaruh PKI sangat besar di Indonesia. Alasan lain adalah karena Blok Barat terkesan enggan memberikan bantuan untuk perbaikan ekonomi dan persenjataan untuk membebaskan Irian Barat. Puncak kedekatan Indonesia dengan Blok Timur yang membuat Indonesia dicap sebagai negara komunis adalah pendirian Poros Jakarta-Hanoi-Pyong Yang-Phnom Penh. Kebijakan luar negeri pada waktu itu cenderung pada konfrontasi negara-negara Barat yang dianggap sebagai simbol kolonialisme dan imperialisme. Peristiwa pemberontakan G30S / PKI diduga didalangi PKI tahun 1965 menjadi titik balik perubahan arah politik Indonesia. Peristiwa G30S / PKI ini diikuti oleh pergeseran kekuasaan Orde Lama ke Orde Baru, dari Soekarno ke Soeharto. Komunis dinyatakan sebagai ajaran terlarang di Indonesia dan pemutusan hubungan dengan negara-negara komunis pun diputuskan.

Dampak Perang Dingin Terhadap Indonesia
·  Adanya perbedaan sistem politik-ekonomi pada masa orde lama dan orde baru, dari sistem komunisme-sosialis diubah menjadi sistem liberalisme-kapitalis

·  Indonesia mengalami keterpurukan ekonomi pada masa akhir kepemimpinan orde lama dan orde baru, dalam hal ini pemerintah melakukan beberapa cara seperti melakukan pertemuan di Tokyo, perundingan Indonesia dengan Paris Club, Indonesia bekerjasama dengan IGGI atau CGI, Indonesia bergabung dengan World bank, Indonesia keluar dari IMF.
·  Rakyat indonesia mengalami krisis ekonomi karena perang dingin
·  Banyak rakyat yang sengsara dan hidupnya tidak sejahtera
·  Berkembangnya paham-paham baru di Indonesia seperti Komunisme, Liberalisme dan sosialisme.


Komentar

  1. titanium alloys | titanium alloys | titanium alloys | titaniumalloys | titaniumalloys | titaniumalloys | aluminumalloys | stainlessalloys.com
    A 2017 ford fusion energi titanium true gold price of titanium core. Each with a unique twist on the original steel case. Each with an alloy titanium trim as seen on tv of brass and zinc. The titanium 6al4v unique snap-on titanium ore handle $34.00 · ‎In stock

    BalasHapus

Posting Komentar